• Image and video hosting by TinyPic

Perjalanan kali ini ke Gili Trawangan Lombok cukup menyenangkan dan membuat lelah. Karena kita melakukan perjalan ini hanya 1 hari tanpa menginap di Gili Trawangan dan langsung kembali pulang ke Pulau Bali.

Bicara tentang tempat tujuan wisata di Pulau Bali gak akan pernah ada habisnya. Kekayaan serta keindahan alam yang maha indah di Pulau Dewata ini membuat para wisatawan lokal maupun mancanegara berdecak kagum melihat keindahan disetiap sudut pulau ini. Perjalanan saya kali ini adalah ke Air Terjun Sekumpul yang terletak di utara Pulau Bali

• Pasir Putih, Pantai Pandawa . Membuat semua orang yang datang begitu terpesona melihat indah nya lukisan alam ini.

Latest Posts

Kamis, 26 November 2015

Air Terjun Sekumpul - Bali

Bicara tentang tempat tujuan wisata di Pulau Bali gak akan pernah ada habisnya. Kekayaan serta keindahan alam yang maha indah di Pulau Dewata ini membuat para wisatawan lokal maupun mancanegara berdecak kagum melihat keindahan disetiap sudut pulau ini. Perjalanan saya kali ini adalah ke air terjun Sekumpul di sebuah desa yang terletak di utara pulau bali tepatnya di Singaraja Kab. Buleleng ternyata menyimpan banyak air terjun, salah satu diantaranya yaitu air terjun Sekumpul. Dinamakan demikian karena terdapat kurang lebih 7 air terjun yang berkumpul disini :p
Ini yang kedua kalinya saya berkunjung ke tempat ini, sebelumnya saya sudah pernah ketempat ini berdua dengan teman saya. Perjalanan dari Denpasar menuju air terjun Sekumpul membutuhkan waktu selama 3 jam perjalan dengan menggunakan sepeda motor.
Air Terjun Sekumpul | Taken By Redmi Note 2
Senin, 23 November 2015
Karena perjalanan kesana yang lumayan jauh, jam 8 pagi saya sudah berangkat sendiri dari Denpasar menggunakan motor menuju ke air terjun sekumpul dengan rute via Bedugul. Jalan yang berliku dan menanjak membuat motor saya harus ekstra tenaga untuk bisa sampai ke tempat tujuan.
Sekitar jam 11 saya sampai di Pos Pendaftaran Wisata Air Terjun Sekumpul, harga tiket masuk ke lokasi air terjun hanya Rp 5.000 / Orang .
Setelah membayar tiket masuk , saya masih melanjutkan perjalanan menuju ke parkiran motor yang telah disediakan. Sebelum sampai ke air terjun , saya masih harus berjalan kaki menuruni anak tangga yang jumlahnya lumayan  banyak, jadi siapkan fisik dan tenaga kalian agar lutut tidak keram saat menuruni anak tangga ini.
Setelah melakukan perjalanan kurang lebih 15 menit dari tempat parkir motor , akhirnya saya sampai juga di air terjun sekumpul. Masih dengan suasana yang sama seperti yang sebelumnya, gemercik riuh suara air yang jatuh dari ketinggian 100 meter membuat kagum orang yang melihatnya. Siang itu cuaca sangat cerah sekali, hal yang bisa kalian lakukan bila sampai disini adalah selfie atau hanya sekedar foto" untuk mengabadikan moment seperti yang saya lakukan ketika sampai disini .

Air Terjun Sekumpul
Great Waterfall:

Menikmati hawa sejuk disekitar air terjun sepertinya ada yang kurang kalo saya hanya sekedar foto" saja tanpa bermain / berenang di dalam kolam air tepat dibawah air terjun tersebut. Karena sebelumnya saya sudah berencana untuk berenang didalam kolam air terjun. Sejuk air terjun terasa saya tubuh mulai memasuki kolam. Indahnya hidup , berenang sendiri dikolam tanpa ada orang lain, sepi dan sunyi hanya ada saya, alam serta keindahannya. Inilah cara saya menghibur diri untuk sejenak melepas penat dari kesibukan kerja sehari-hari.
Sekitar 20 menit saya berenang dikolam, tidak lama kemudian datang 2 orang turis yang datang tanpa didamping guide lokal. Mereka berasal dari negara Inggris, saya pun berkenalan dengan mereka sambil bermain air bersama, merasakan sejuknya air terjun sekumpul.
Me and Turis:
Image and video hosting by TinyPic
Fasilitas di air terjun ini sudah cukup lengkap, dimana sudah tersedia MCK dan sebuah bangunan untuk beristirahat. Setelah puas bermain menikmati sejuknya air terjun Sekumpul, saya bersiap untuk kembali lagi Parkiran. Jalan yang dilalui masih sama seperti sebelumnya, kali ini saya harus menaiki banyak anak tangga, cape juga bro .. Tapi rasa cape hilang bila kita menikmati indahnya alam di desa ini sambil mengabadikan moment perjalanan :p .
Me:
Pesan saya untuk kalian semua yang ingin mengunjungi air terjun Sekumpul. Mari bersama kita jaga dan kita rawat tempat ini, minimal dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. Menikmati keindahannya adalah hak bagi manusia. Tapi menjaga kelestariannya pun menjadi kewajiban kita semua yang tidak boleh terlupa.
Ada 3 prinsip dalam suatu travelling atau petualangan agar lingkungan bisa lestari, yang mungkin sudah kita ketahui.
prinsip itu ialah:
+ jangan ambil sesuatu kecuali foto,
+ jangan tinggalkan sesuatu kecuali jejak,
+ jangan bunuh sesuatu kecuali waktu.

Jumat, 06 November 2015

Cara Membuat Spoiler Pada Postingan Di Blog

Tujuan dari pembuatan Spoiler ini adalah untuk menyembunyikan isi dari Content (Teks, Gambar, Video, Dll) yang ingin kita sembunyikan yang nanti nya dengan hanya menekan tombol "Show / Hide" pengunjung bisa melihat isi dari spoiler tersebut. Selain menghemat tempat, pembuatan Spoiler dalam Postingan membuat loading content blog menjadi ringan dan tidak terlalu berat saat membuka sebuah blog.
Buat yang sering berkunjung di Forum" pasti penggunaan Spoiler udah gak asing lagi , pembuatan spoiler di Forum bisa dibilang sangat mudah. Tapi kali ini saya akan mengajarkan bagaimana cara membuat Spoiler di dalam sebuah Postingan Blog. Langsung aja disimak yaa .

Cara Membuat Spoiler Di Blog
1. Silahkan Login terlebih dahulu ke akun Blogger.
2. Pilih Entri Pos , seperti biasa membuat postingan
3. Pilih Edit HTML
4. Silahkan masukan Scirpt berikut untuk membuat Spoiler

5. Silahkan ganti Judul Spoiler dan Content yang mau disembunyikan dengan cara merubah "Letakkan Content Disini".
6. Untuk melihat hasil sementara , bisa dengan mengklik PRATINJAU, apabila postingan sudah dirasa cukup bisa langsung di PUBLIKASIKAN.

Berikut contoh dari hasil pembuatan Spoiler.
Contoh Spoiler:
Itu tadi cara untuk membuat spoiler pada postinga di blog. Ternyata tidak sulit dan cukup mudah, hanya Copy Scirpt Spoiler selesai deh .
Semoga postingan ini bisa membantu pembaca yang sedang belajar nge-Blog seperti seperti saya ini.

Rabu, 04 November 2015

ODT Goes To Gili Trawangan Lombok

Welcome To Gili Trawangan Lombok
Perjalanan kali ini ke Gili Trawangan Lombok sebenarnya tidak kita rencanakan dari hari sebelumnya alias dadakan. Niat hati sudah sepakat sebelumnya membuat janji bersama Iman dan Agung teman kerja ane, ingin pergi ke Sekumpul Waterfall di daerah Singaraja, Bali Tapi malam itu tanggal 30 September 2015 , Si Iman mendadak gak jadi ikut trip ke Sekumpul Waterfall.
Yasudah karena Si Iman gak jadi ikut, ane berdua dengan teman ane si Agung tetep jadi berangkat tapi bukan ke Sekumpul Waterfall melainkan ke Gili Trawangan Lombok
Minggu, 30 Agustus 2015
Malam itu setelah pulang kerja ane dan Si Agung berbicara di Mess tentang mau pergi kemana liburan besok yang cuma 1 hari aja, karena sebelumnya dia udah terlanjur ambil libur hari senin. Karena lokasi tempat tinggal kita ada di daerah Denpasar, Bali . Ane usul ke temen ane gimana kalo kita pergi ke Taman Nasional Baluran & Red Island di Banyuwangi. Tapi entah ada angin apa tujuan kita malam itu malah mau ke Gili Trawangan Lombok NTB, karena si Agung denger ada temen yang ngomongin Gili Trawangan. Ane pikir kalo ke sana gak cukup kalo cuma 1 hari aja, pasti cape diperjalanan doank. Tapi akhirnya ane setuju sama temen setelah bicara nanti kita di Gili Trawangan akan Diving juga disana.
Jam menunjukan pukul  23.00 WITA, kita berangkat menggunakan kuda besinya Agung dari daerah Denpasar menuju Pelabuhan Padang Bai yang berada di sisi timur pulau Bali
Image and video hosting by TinyPic
Tepat pukul 23.45 WITA, kita sampai di Pelabuhan Padang Bai. Sebelum melakukan penyebrangan kita beli cemilan dulu di warung sekitar pelabuhan buat nanti di Kapal. Harga tiket penyebrangan dari Pelabuhan Padang Bai menuju Pelabuhan Lembar Lombok Rp 123.000
Tiket Penyeberangan:
Jam 00.30 WITA Kapal mulai berlayar menuju ke Lombok , gak banyak yang kita lakukan dilakukan didalam kapal selain menikmati indah nya terang bulang malam itu dan semilir angin laut yang cukup menusuk tulang dtemani sebatang rokok. Didalam kapal kita berkenalan dengan beberapa Mahasiswa Binus dari Jakarta yang akan melakukan ekspedi ke Flores & Pulau Komodo.
Senin, 1 September 2015
Selama kurang lebih 4 jam kapal berlayar, sampai juga kita di Pelabuhan Lembar Lombok sekitara jam setengah 5 pagi.Suasana kesibukan di Pelabuhan sudah terlihat ramai dimana banyak Truk" besar sedang mengantri keluar masuk ke dalam Kapal Ferry. Gak mau buang" waktu kita langsung berangkat menuju ke kota Mataram. Diperjalanan menuju kota Mataram, kita sempatkan diri untuk menunaikan kewajiban Sholat Subuh di Mushola POM Bensin sambil istirahat sejenak memejamkan mata . Menurut si Agung, tujuan kita sekarang ke Dermaga Bangsal. Dengan rute melalui Senggigi di sisi barat pulau Lombok. Perjalanan yang hanya butuh waktu sekitar 90 Menit dari Pelabuhan Lembar.
Image and video hosting by TinyPic
Jalan yang harus kita lewati menuju lokasi bisa dibilang bagus beraspal mulus gan, tapi tentu berliku liku naik turun bukit disekitar pesisir pantai senggigi. Pesona keindahan alam Pulau Lombok mulai terasa mendamaikan hati dan menyejukan mata. Sejauh mata memandang hanya ada pohon kelapa yang tersusun rapi di pesisir pantai, deruh suara ombak, semilir angin berhembus dengan background hamparan lautan luas. Tepat jam setengah 7 WITA kita berhenti sejenak di sekitar Pantai Vulkanik Nipah, istirahat menanti datang nya sinar matahari yang mulai memberikan sinarnya.
Image and video hosting by TinyPic
Suasana jalan pagi itu masih sangat sepi gan, belum banyak kendaraan yang lalulalang. Jadi maklum aja kalo perjalanan kesini hanya butuh waktu 45 menit dari Pelabuhan Lembar.
Suasana Jalan Pagi Itu:
Oke, selesai foto" kita lanjutkan perjalanan lagi ke Dermaga Bangsal, masih tetap melalui jalanan berbukit disekitar pesisir pantai. Kita sampai di Dermaga Bangsal sekitar jam 7 Pagi WITA, dari sini kita akan menyebrang ke Gili Trawangan, tapi sebelumnya kita harus menitipkan motor dulu dirumah warga sekitar dermaga. Biaya parkir Motor hanya 5 Ribu aja. Dari Dermaga Bangsal kita bisa menuju ke 3 Gili yaitu Gili Meno, Gili Air dan Gili Trawangan. Harga tiket penyebrangan ke Gili Trawangan Rp 15.000 dan Tiket Masuk Kawasan Gili Trawangan Rp 2.000 / Orang dengan total Rp 38.000 untuk 2 orang.
Tiket:
Image and video hosting by TinyPic
Karena penyebrangan baru akan berangkat pukul setengah 8 , kita berdua sempatkan sarapan & ngopi dulu diwarung sekitar dermaga. Harga Nasi bungkus disini cukup murah gan hanya Rp 6.000 / Bungkus dengan porsi yang lumayan banyak. Total sarapan pagi itu Rp 23.000 aja. Gak lupa juga kita beli Sunglass, untuk menjaga mata dari teriknya sinar matahari dan tentunya untuk menambah kegantengan kita berdua. Suara petugas dermaga lewat pengeras suara sudah terdengar memberitahu penumpang bahwa Kapal penyebrangan ke Gili Trawangan akan segera berangkat. FYI Kapal tidak akan berangkat jika kouta penumpang belum terpenuhi. Penyebrangan ke Gili Trawangan hanya butuh 30 menit aja gan.
Dermaga Bangsal:
Sarapan Pagi:
Welcome To Gili Trawangan Lombok
Akhirnya setelah perjalanan 8 jam yang melelahkan dari Denpasar, Bali sampai juga kita berdua ditempat tujuan Gili Trawangan. Ini pertama kalinya ane main ke Gili Trawangan gan , decak kagum ketika bisa berlibur ke salah satu tempat yang indah di Lombok bagian barat. Oya ini adalah salah satu tempat tujuan para turis mancanegara, bisa dilihat disekitar lokasi banyak turis mancanegara yang berlibur disini:malus
Wisatawan Mancanegara:
Kapal Berlabuh:
Image and video hosting by TinyPic
Pagi itu aktifitas sekitar Gili Trawangan cukup ramai oleh para wisawatan yang baru saja tiba ke disini atau yang ingin kembali ke Dermaga Bangsal. Disini terilihat banyak sekali cafe dan resort di Gili Trawangan. Inilah salah satu keunggulan di Gili Trawangan gan dimana tidak ada kendaraan bermotor yang beroperasi disini sebagai ganti nya jika kita ingin mengelilingi Gili Trawangan bisa dengan menyewa sepeda , naik delman atau jalan kaki seperti yang ane lakukan bersama temen ane si agung. Kita berdua mengelilingi pulau kecil ini dengan berjalan kaki. Lumayan cape gan kalo jalan kaki.  But its okay yang penting bisa traveling :D
Traveling:
Karena tujuan kita disini ingin Snorkling melihat indah nya alam bawah laut jadi kita mampir dulu kesebuah tempat penyewaan Alat Snorkling yang banyak disekiar jalan. Untuk harga sewa 1 Alat Snorkling dan 2 life jacket Rp 70.000 , ane hanya sewa 1 alat snorkling karena si agung punya alat jadi dia perlu sewa lagi. Cari spot yang bagus , akhirnya kita berenang dan snorkling dipinggir pantai yang gak banyak kapal" bersandar . Tapi sayang kondisi terumbu karang nya saat ane snorkling kurang bagus gan.
TS:
Selesai main air kita langsung lanjut untuk keliling daerah sini gan, melewati aeral kebun pohin kelapa milik warga sekitar dan kita juga melewati tempat pemakaman warga sekitar :takuts Gak terasa waktu udah menunjukan jam 11.30 WITA, kita pun kembali ke tempat penyewaan pelampung dan disni ane coba snorkling lagi. Ternyata alam bawah laut disni lebih bagus dari tempat yang pertama. Banyak terumbu karang dan berbagai macam ikan disini.
Suasana Pantai:
Image and video hosting by TinyPic
Terlihat banyak sekali wisatawan mancanegara yang sedang berjemur dibawah teriknya matahari siang itu sambil membaca buku ataupun yang sedang bermain disekitar pantai. Waktu sudah menunjukan jam 12.30 WITA, selesai sudah bermain dan menikmati indah nya Gili Trawangan . Kembalikan alat snorkling yang kita sewa, kitapun langsung bergegas pulang menuju ke Dermaga Bangsal. Harga tiket pulang Rp 30.000 (Untuk 2 Orang). Sampai di Dermaga Bangsal kita mandi dan istirahat disekitar warung di Dermaga. Biaya toilet Rp 10.000 (Untuk 2 Orang) _________Good Bye Gili Trawangan
Back To Bangsal:
Back To Denpasar, Bali
Dari Dermaga Bangsal kita bersiap melanjutkan perjalan pulang ke Denpasar, Bali . Rencana sebelumnya kita berdua ingin melanjutkan perjalanan ke Pulau Pink tapi karena sudah terlalu cape dan waktu juga sudah hampir sore kita batalkan rencana pergi kesana. Diperjalanan kita singgah disebuah masjid untuk melaksanakan kewajiban dan lanjut lagi ke Pantai Vulkanik Nipah untuk sekedar mengabadikan foto karena pemandangan saat itu bagus banget gan.
Pantai Vulkanik Nipah:
Perjalanan pulang dari Bangsal ke Mataram lancar jaya masih dengan suasana pesisir pantai yang khas. Dimana saat itu kondisi jalan masih sepi.
Kondisi Jalan Pulang:
Sekitar jam 16.00 WITA kita sampai dikota Mataram dan kembali singgah ketempat teman yang kebetulan ada disana.Istirahat isi tenaga kita makan disebuah warung dengan harga Rp 20.000 untuk 2 orang. Jam 17.00 WITA,kita pamit melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Lembar, sampai di Pelabuhan Lembar sekitar jam 18.00 WITA. Beli tiket penyebrangan menuju Pelabuhan Padang Bai dengan harga Rp 123.000 per Motor
Pelabuhan Lembar:
Image and video hosting by TinyPic
Sekitar jam 19.00 WITA kapal baru berlayar menuju Pelabuhan Padang Bai. Suasana di dalam kapal terlihat sepi penumpang. Didalam kapal ane istirahat tidur memulihkan tenaga setelah seharian puas jalan" di Lombok. Seharusnya kapal berlabuh di Padang Bai sekitar jam 23.00 WITA tapi entah kenapa saat mulau mendekati pelabuhan kapal malah berhenti dan terombang ambing ditengah laut hampir 1 jam , membuat ane jadi mabok laut gan
Suasana Dalam Kapal:
Akhirnya setelah terombang ambing ditengah laut, kapal pun berlabuh di Pelabuhan Padang Bai. Tepat jam 24.00 WITA kita langsung melanjutkan perjalanan pulang. Alhamdulillah akhirnya sampai kembali di Denpasar sekitar jam 00.30 dengan selamat. Perjalanan yang melelahkan sekaligus menyenangkan. Semoga dilain hari nanti ane bisa berkunjung lagi ke Lombok menjelajah setiap sudut keindahan daerah itu.